Ada Proyek Cor Beton Besinya Nonjol ke Permukaan, ini Jawaban PPTK-nya

Ada Proyek Cor Beton Besinya Nonjol ke Permukaan, ini Jawaban PPTK-nya

BAGIKAN
Peningkatan struktur Jalan Pulo Puter - Muara Bakti (sejajar CBL) Paket 12
FERY/AJ – KABUPATEN BEKASI

TOPTIME.CO.ID – PEKERJAAN kontruksi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, salah satunya Peningkatan struktur Jalan Pulo Puter – Muara Bakti (sejajar CBL) Paket 12 dengan pagu anggaran sebesar Rp 400 juta, diduga tidak seusai dengan Rencana Angaran Biaya (RAB) dan pengawas diduga tutup mata. Pasalnya, adanya besi yang telihat kepermukaan jalan.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi, Hendra Iswahyudi saat dikonfirmasi TOPTIME.CO.ID Senin (19/11/2018) terkait adanya besi yang menonjol kepermukaan jalan, ia mengatakan ada beberapa paket diminta dilapis aspal.

Namun ketika disinggung dalam Rencana Angaran Biaya (RAB) kegitan tersebut ada tidaknya penggunaan aspal, Hendra mengatakan “bukan”. Tetapi dirinya justru mengakui bahwa pekerjaan tersebut berpotensi terkelupas dan bahaya maka dilapis aspal.

Berdasarkan pantauan TOPTIME.CO.ID, sepanjang puluhan meter perbaikan jalan paket 12 tersebut tidak ada Lapisan Pondasi Bawah (LPB) atau biasa disebut lantai kerja berupa batu beskos dan B0.

Saat ditunjukan hasil pekerjaan yang sudah dicore drill (pengambilan sampel beton-red) itu, dirinya juga mengakui bahwa ketinggian dan volumenya sudah berkurang. “Kalau kerjaan nanti kita potongnya,” kata Hendra dengan enteng.

Sementara, saat berlangsung pekerjaan, pria yang mengaku mewakili pelaksana kegiatan (mandor lapangan) mengatakan sudah memakai LPB. “Kita pakai beskos dan B0, tapi hilang karena hujan,” ujarnya seraya pergi meninggalkan awak media dengan alasan ingin menjemput truk mixer. (*)

Komentar

comments