Banjir Bandang, Pemkab Lebak Kerahkan Bantuan

Banjir Bandang, Pemkab Lebak Kerahkan Bantuan

106
BAGIKAN
Salah satu jalan yang kena dampak banjir bandang. Jalan di desa Pasirnangka yang menghubungkan ke kec. sobang, kampung Ciseel, Cikadu dan Cangketek. Banjir bandang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (22/3/2019) malam mengakibatkan setidaknya empat kecamatan terdampak banjir akibat luapan aliran sungai ini.

TIM – RANGKASBITUNG

TOPTIME.CO.ID – Banjir bandang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (22/3/2019) malam mengakibatkan setidaknya empat kecamatan terdampak banjir akibat luapan aliran sungai ini.

Pemerintah Kabupaten Lebak pun langsung melakukan evakuasi dan memberikan bantuan bagi warga yang jadi korban.

Dijelaskan, Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemkab. Lebak, Budi Santoso, saat ini Pemkab Lebak sudah menyiapkan langkah-langkah ke depan pasc terjadinya bencana banjir bandang tersebut diantaranya :

1. Pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari bagi korban terdampak bencana dijamin oleh Pemda, berupa kebutuhan makan sehari-hari, kesehatan, sandang/pakaian layak pakai, disamping sumbangan dari berbagai pihak.

2. Penanganan infrastruktur jalan yang terkena longsoran tanah sudah dilakukan mulai kemarin, Kamis (23/5)2019) dengan menurunkan exavator dari dinas PUPR Lebak untuk desa Cikarang Kec. Muncang dan Maraya Kec. Sajira, serta Kp. Cigaclung Desa Sobang agar akses masyarakat bisa segera terbuka kembali menjelang Idul Fitri.

3. Menurunkan tim teknis mulai hari ini, Jum’at (24/5/2019) untuk melakukan pendataan dan verifikasi kerusakan rumah tinggal, fasos dan fasum serta infrastruktur jalan utk bahan pembahasanan penanganan pasca bencana nanti.

Untuk informasi, banjir bandang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (22/3/2019) malam mengakibatkan setidaknya empat kecamatan terdampak banjir akibat luapan aliran sungai ini, setelah hujan mengguyur sejak sore hari.

“Banjir bandang terjadi dengan cepat saat warga sedang berbuka puasa. Setidaknya tiga sungai meluap, yakni Sungai Cibeurih, anak sungai Ciberang, dan Sungai Cilaki,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi, lewat pembicaraan telepon, Kamis (23/5/2019).

Kaprawi mengatakan, empat kecamatan yang terdampak banjir bandang ini adalah Sajira, Muncang, Sobang, dan Cimarga. Ratusan rumah di keempat kecamatan itu terendam, bahkan sebagian hanyut terbawa aliran sungai. Sejauh ini tak ada korban jiwa.

“Kondisinya alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Beberapa desa sudah melaporkan termasuk pak camat. Kami langsung ke TKP menyisir,” kata Kaprawi.(*)

Komentar

comments