Biar Kekinian, Mari Kenali Pelbagai Bahasa Gaul Selama Bulan Ramadhan

Biar Kekinian, Mari Kenali Pelbagai Bahasa Gaul Selama Bulan Ramadhan

BAGIKAN

Oleh: Dinda Tri Ningrum
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia (Untirta)

TOPTIME.CO.ID, ARTIKEL-BULAN Ramadhan selalu ditunggu-tunggu kedatangannya oleh seluruh umat Islam dipenjuru dunia. Semua orang berlomba-lomba untuk melakukan amal ibadah di bulan Ramadhan agar mendapat ridha dari Allah SWT.

Bulan Ramadhan juga sering diselingi dengan Pelbagai istilah yang muncul di masyarakat yang diciptakan oleh anak-anak remaja yang biasa kita kenal dengan Bahasa Gaul. Bahasa Gaul pada umumnya digunakan sebagai sarana komunikasi diantara remaja atau sekelompoknya selama kurun waktu tertentu. Hal ini dikarenakan, remaja memiliki bahasa tersendiri dalam mengungkapkan ekspresi diri. Para remaja tidak terlepas dari bahasa gaul dalam pelbagai situasi dan kondisi. Oleh karena itu muncul pelbagai istilah populer yang sering dipakai oleh para remaja di bulan Ramadhan, sebagai berikut:

1. Bukber. Kata bukber ini sudah tidak asing lagi didengar pada saat bulan Ramadhan, terkadang banyak orang yang mengucapkan kata bukber dalam media sosial atau dalam situasi tertentu. Namun, tidak semua orang mengetahui arti kata Bukber. Bukber merupakan singkatan dari Buka Bersama, karena kepanjangan biasanya anak-anak remaja selalu menyingkat kata-kata tersebut sehingga muncullah kata Bukber yang sudah tersebar dimana-mana.

2. Ngabuburit. Istilah Ngabuburit selalu muncul pada saat bulan Ramadhan. Sebenarnya istilah Ngabuburit pertama kali berasal dari bahasa Sunda yaitu “Burit” yang memiliki arti senja. Jadi istilah ngebuburit yang biasa dipakai oleh remaja sekarang memiliki arti yaitu waktu untuk menunggu datangnya magrib atau berbuka puasa.

3. Sahur On The Road atau disingakat dengan SOTR. Istilah Sahur On The Road merupakan suatu kegiatan membagi-bagikan makanan yang dilakukan oleh sekelompok komunitas kepada orang-orang yang tidak mampu di jalan-jalan protokol untuk bersantap sahur. Kegiatan ini sangat membantu bagi orang Islam yang tidak mampu untuk bersantap sahur karena keterbatasan ekonomi.

4. Takjil. Istilah ini sering didengar pada saat bulan Ramadhan tiba. Karena penjual-penjual takjil biasanya hanya muncul ketika bulan Ramadhan saja. Takjil secara berbahasa artinya “menyegarkan” sedangkan di Indonesia Takjil memiliki arti “Hidangan saat berbuka”. Tidak afdol rasanya jika dibulan Ramadhan tidak ada Takjil dalam berbuka puasa.

Demikianlah istilah-istilah populer yang ada di Bulan Ramadhan jadi, jangan bingung lagi mengenai arti dari bahasa-bahasa Gaul yang sering diujarkan oleh para Remaja masa kini. Selamat Beribadah Puasa. Semoga Amal Ibadah Kita diterima oleh Allah SWT. Amiin.

Komentar

comments