Daftar Tunggu Berangkat Haji Capai 19 Tahun

Daftar Tunggu Berangkat Haji Capai 19 Tahun

144
BAGIKAN
Foto : Kemenag Lebak Dialog dengan Dewan, Minta Pemkab Alokasikan Hibah untuk Transport Haji

TIM – LEBAK, BANTEN

TOPTIME.CO.ID – CALON jemaah haji Kabupaten Lebak yang mendaftar pada tahun 2019 harus menunggu selama 19 tahun untuk bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah. Hal ini dikatakan Kepala Kantor Kemenag Lebak, Akhmad Tohawi kepada wartawan, di Gedung DPRD Lebak, Selasa (12/2/2019).

“Waiting list (daftar tunggu) ada sekitar 11 ribu orang, dan mereka harus menunggu dari sejak sekarang itu 19 tahun,” kata Kepala Kantor Kemenag Lebak, Akhmad Tohawi

H. Tohawi juga mengatakan, tahun ini, jumlah calon jemaah haji asal Kabupaten Lebak yang akan diberangkatkan 602 orang.

“Yang kami ajukan adalah penggabungan dan lansia, di luar itu kami tidak bisa. Mudah-mudahan tahun ini (total keseluruhan) mencapai 700 orang,” ujar Tohawi.

Kata dia, Kemenag Lebak belum menginventarisir calon jemaah haji lansia. Namun, pada tahun lalu jumlah jemaah lansia yang diajukan mencapai 100 orang.

“Mereka daftar bervariasi ada yang 2013 ada yang 2014, tetapi yang diprioritaskan bagi jemaah yang daftar lebih dulu,” katanya.

Sementara itu Kasi Haji pada Kemenag Lebak, H. Humaedi Hakim dalam paparannya dihadapan anggota DPRD Lebak mengemukakan harapannya agar Pemkab Lebak menganggarkan dana hibah untuk transportasi pemberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

Kata H. Humaedi, dari 8 kabupaten dan kota di Banten hanya Lebak yang belum mengalokasikan dana hibah tersebut.

“Dana itu nantinya akan dikelola secara transfaran dan akuntabel demi peningkatan layanan kepada para jemaah haji,” kata pria yang akrab disapa Ucok ini.

Sementara itu, anggota DPRD Lebak, Rudi Kurniawan berjanji mendukung adanya alokasi dana hibah untuk transportasi pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji dari Lebak tersebut. (*)

Komentar

comments