Dukung Program Lebak Sehat, Puskesmas Cileles Terus Gencar Sosialisasi PHBS

Dukung Program Lebak Sehat, Puskesmas Cileles Terus Gencar Sosialisasi PHBS

32
BAGIKAN
Puskesmas Cileles Kabupaten Lebak, Banten

AGUS JAELANI – CILELES, LEBAK, BANTEN

TOPTIME.CO.ID – Kepala Puskesmas Cileles mengaku, pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di wilayah kerjanya.

Menurut Kepala Puskesmas yang berada di Jalan Raya Cileles – Gunung Kencana KM 8 Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak ini, sangat penting untuk terus menerus mengingatkan warga berprilaku hidup bersih dan sehat.

Menurut H. Rafe’i, sosialisasi itu dilakukan dalam pertemuan formal maupun non formal, di sekolah, pertemuan warga, kegiatan Posyandu dan berbagai kesempatan lainnya dengan melibatkan berbagai pihak.

Dijelaskannya, PHBS adalah semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati, prinsip kesehatan inilah yang menjadi dasar pelaksanaan PHBS,” jelasnya, Jum’at (21/12/2018)

Lanjut dia, sehat jasmani dan rohani merupakan kebutuhan setiap manusia. Namun, tidak sedikit diantara mereka yang kurang memperhatikan pola hidup sehat.

Setidaknya, ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat, yakni aktivitas gerak minimal 30 menit, cek kesehatan teratur dan pola makan yang sehat, seperti mengkonsumsi sayur dan buah.

Puskesmas Cileles yang dipimpin H. Rafe’i merupakan salah satu ujung tombak layanan kesehatan milik Pemerintah Kabupaten Lebak.

Puskesmas ini memiliki fasilitas Rawat Jalan Umum, Kesehatan Gigi & Mulut, KIA, KB, Persalinan 24 Jam, Imunisasi, P2M TB, paru, kusta, UGD, ambulan, apotek, USG, Konsultasi Gizi dan Promosi Kesehatan. (*)

Komentar

comments