Elemen Masyarakat Ragukan Kebijakan Bupati Bekasi Soal Tenaga Kerja Lokal

Elemen Masyarakat Ragukan Kebijakan Bupati Bekasi Soal Tenaga Kerja Lokal

329
BAGIKAN
Sekjen Forum Informatif dan Pemerhati Ketenagakerjaan (FINTER) Kabupaten Bekasi, Ondang Donal,

AHIM – KABUPATEN BEKASI

TOPTIME.CO.ID -Sekjen  Forum Informatif dan Pemerhati Ketenagakerjaan (FINTER) Kabupaten Bekasi, Ondang Donal,  mengaku bingung menyikapi statment Bupati Bekasi.

Kata Odang,   dulu saat Finter mengajukan angka 60% maksimal dan minimal 30% malah ditolaknya, dan dia (Pada saat itu Plt Bupati Bekasi) tandatangan dalam Perbup sebanyak banyaknya di Peraturan Bupati.

“Lah, sekarang dia (bupati) akan mewajibkan 30%, dasarnya apa? Pabaliut euy (Berbelit- red). Kalau berani revisi Perbupnya dulu dari sebanyak banyaknya menjadi 60% baru saya kasih jempol”,tegasnya di pesan WhatsApp Group FINTER, Jumat (14/6/2019) malam.

Hal itu menaggapi statment Bupati Bekasi dari Media Online Merdeka.com, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, akan segera berkoordinasi dengan jajaran terkait termasuk Provinsi Jawa Barat terkait rencana kebijakan yang memprioritaskan warga lokal dapat bekerja di industri Kabupaten Bekasi.

Dilansir dari Media Online Merdeka.com, Eka menuturkan akan menerapkan aturan yang mewajibkan industri untuk menerima 30 persen warga lokal dari kebutuhan tenaga kerjanya. Selain itu, Pemkab Bekasi akan menggelar berbagai pelatihan kerja untuk mengurangi pengangguran di daerahnya.

“Ada regulasi juga di kita (Pemkab Bekasi), bahwa ada kewajiban bagi pengusaha terkait dengan izin juga nanti untuk berpartisipasi 30 persen bisa menerima tenaga lokal. Kalau memang (tenaga kerja lokal) belum mampu nanti diharapkan bisa dilatih biar mampu,” Kata Eka, Jumat (14/6).

Masalah pengangguran menjadi salah satu dari tiga program prioritas Pemkab Bekasi. Eka juga mengungkapkan beberapa fokus yang akan segera dilaksanakan dalam periode kepemimpinannya hingga 2022 ini tetap mengacu pada Visi dan Misi yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2017-2022.(*)

Komentar

comments