Kades Ciatra Bersikukuh, Minta THR ke Perusahaan di Wilayahnya Bukan Pelanggaran

Kades Ciatra Bersikukuh, Minta THR ke Perusahaan di Wilayahnya Bukan Pelanggaran

Karena Seikhlasnya

158
BAGIKAN

AHIM – KABUPATEN BEKASI

TOPTIME.CO.ID – Terkait beredarnya Surat Permohonan THR yang diterbitkan Pemerintah Desa Ciantra Kec Cikarang Selatan Kab Bekasi menurutnya tidak masalah karena hanya perusahaan yang berdomisili di Desa Ciantra saja, Hal itu dikatakan Kepala Desa Ciantra, Inta Sasmita saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (23/5/2019).

Hal yang dikatakan Kades Ciantra tentang surat tersebut bertolak belakang dengan apa yang dikatakan Ketua BPD Desa Ciantra dalam pemberitaan sebelumnya bahwa mengakatan surat tersebut salah.

Inta juga mengatakan hanya untuk menambahkan THR anak buahnya seperti RT dan RW untuk membeli kain sarung kan bisa ke beli apa lagi jumlah RT di Desa Ciantra ada 80 RT.

“Lagian kan cuma seikhlasnya tidak mematok harga harus berapa namanya juga kan sumbangan, jangan di pikir gede ada yang ngasih 20.000 dan paling gede itu 50.000 dan kalau di total paling dapat 4jta semuanya dan itu untuk kepentingan bersama bukan untuk kepentingan pribadi saya”, ucapnya.

Inta juga mengaku tidak mengetahui adanya Surat Edaran Bupati.

“Mana tidak tahu saya adanya Surat Edaran Bupati,” singkatnya.

Padahal Surat Edaran Bupati Bekasi No.700/SE – 28/Inspr tentang himbauan pencegahan gratifikasi terkait hari raya keagamaan sudah jelas melarangnya.

Dalam poin 3 disebutkan permintaan dana sumbangan dan/atau hadiah sebagai tunjangan hari raya baik secara individu ataupun mengatasnamakan institusi negara/daerah kepada masyarakat atau perusahaan dan/atau pegawai negeri/penyelenggara negara lainnya, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, merupakan perbuatan yang dilarang dan dapat berimplikasi pada tindak pidana korupsi.

Sementara Camat Cikarang Selatan Sopyan Hadi belum dapat dikonfirmasi terkait adanya Surat tersebut yang berada di Wilayahnya.

Diberitakan sebelumnya, lagi-lagi surat permohonan permintaan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada setiap perusahaan oleh Pemerintah Desa di Kabupaten Bekasi beredar, setelah beberapa hari lalu, Kepala Desa  Jatireja  Cikarang  Timur membuat surat permintaan THR ke perusahaan di wilayahnya, kendati kemudian menarik surat itu yg viral media sosial, ternyata hal serupa juga diduga dilakukan oleh Kepala Desa Ciantra Cikarang  Selatan ternyata juga membuat surat serupa

kepada setiap perusahaan yang dikeluarkan oleh Kepala Desa Ciantra Kec Cikarang Selatan  ini menggunakan Kop Surat Pemerintah Desa Ciantra Kec Cikarang Selatan Kab Bekasi dengan Nomor : 140/23/V/2019 ditandangani Kepala Desa Ciantra dan Stempel Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ciantra,Mulyana saat dikonfirmasi terkait beredarnya Surat Permohonan Permintaan THR oleh Kepala Desa Ciantra mengatakan kalau mengacu pada edaran KPK itu melanggar.

“Cuma sayangnya saya juga baru baca semalam soal edaranny,” ungkapnya singkat lewat pesan WhatsApp, Rabu (22/5/2019)

Hal itu dikatakan Mulyana berdasarkan sebuah berita dari News.okezone.com dengan judul “Kemendagri Tindak Lanjuti Edaran KPK Terkait Pencegahan Gratifikasi Hari Raya” yang dikirimkan kepada Redaksi Toptime.co.id.

Sementara Kepala Desa Ciantra, Inta Sasmita, Camat Cikarang Selatan, Sofyan Hadi dan Pejabat Berwenang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab Bekasi belum dapat dikonfirmasi sampai berita ini diunggah.(*)

Komentar

comments