Kembali Jadi 5, Mantan PPK Pilkada 2018 Ditetapkan untuk PPK Pemilu 2019...

Kembali Jadi 5, Mantan PPK Pilkada 2018 Ditetapkan untuk PPK Pemilu 2019 ?

Dengan catatan masih memenuhi syarat untuk menjadi PPK

BAGIKAN
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak saat menggelar Media Gathering, 27 - 29 Juli 2018 di Puncak Lembah Hijau, Bogor.

TIM  – RANGKASBITUNG, LEBAK, BANTEN

TOPTIME.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak akan mengevaluasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada saat ini. Hal itu dijelaskan Ketua KPU Lebak,  Ahmad Saparudin kepada TOPTIME.CO.ID, Kamis (8/11/2018)

Dijelaskan Saparudin, sesuai amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) tetap berjumlah 5 anggota dan mengembalikan jumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang awalnya 3 orang kembali jadi 5 orang.

Jelas dia, pada saat Pilkada serentak 2018, dalam seleksi PPK ada 10 nama yang terjarin dan yang ditetapkan 5 orang,sedangkan 5 lagi sebagai cadangan.

Kemudian terbit aturan yang baru, bahwa PPK hanya 3 orang, maka dari yang 5 hanya 3 yang ditetapkan, sedangkan 7 orang lagi sebagai cadangan.

Maka kata dia, dengan keputusan MK terbaru yang mengamanatkan anggota PPK kembali menjadi 5, maka KPU mengadakakan evaluasi kembali untuk 7 orang.

“Tetap harus ada 7 orang hasil seleksi yang lalu kembali dievaluasi untuk merekrut 2 orang. Kemungkinan yang akan jadi adalah mantan PPK Pilkada 2018 kemarin namun dengan catatan 2 orang tadi masih memenuhi syarat,” kata Saparudin.

Namun kata dia, 2 orang mantan PPK Pilkada itu harus yang masih memenuhi syarat. Seperti tidak sedang jadi Caleg atau tim sukses Pilpres dan tidak mengundurkan diri.

Ketika ditanya apakah anggota PPK Pilkada yang masih memenuhi syarat dipastikan akan otomatis ditetapkan kembali, Ketua KPU Lebak ini mengiyakan itu dan berharap anggota KPU lainnya sepaham dengan pemikirannya.

“Keputusan akhirnya tetap melalui pleno KPU. Tapi saya kira, kawan-kawan komisioner KPU Lebak lainnya juga sama pemahamannya dengan saya.” tandasnya

Namun menurut dia, tetap setelah ditetapkan 5, tetap harus ada 5 orang lagi sebagai cadangan.

“Jadi yang dievaluasi tetap harus ada 10 orang. Tiga orang yang PPK saat ini,  tambah 2 orang dan ditambah 5 untuk  cadangan.(*)

Komentar

comments