Menurunnya Etika di Kalangan Sekolah

Menurunnya Etika di Kalangan Sekolah

BAGIKAN

Oleh: Riska
Mahasiswa Untirta

TOPTIME.CO.ID, ARTIKEL-Pendidikan harus beretika, terapkan etika dimana pun berada. Sungguh menyedihkan dijaman sekarang dalam dunia sekolah rendah sekali seorang pelajar yang tidak menerapkan etika, perkataan yang kasar mereka lontarkan, tidak saling sapa-menyapa kepada guru atau sesama teman. Memainkan handphone saat jam pelajaran berlangsung. Sungguh tidak menghormati guru yang sedang menerangkan materi. Bukankah dalam beretika sudah ditanamkan sejak kecil. Mengapa dijaman sekarang anak sekolah kurangnya beretika. Bagaimana mau maju pendidikan, kalau dari seorang pelajarnya saja tidak mempunyai moral karena etika mempengaruhi pendidikan. Lunturnya etika dipengaruhi oleh dua hal lingkungan tempat tinggal kita dan pergaulan dengan teman sebaya. Saya akan membahas mengenai dalam lingkungan tempat tinggal, kita harus pintar memilih lingkungan yang baik yang mana lingkungan tersebut sangat mempengaruhi. Lingkungan yang tergolong negatif sangat memperhatinkan dari cara berbincang-bincang dengan omongan kasar, disaat adzan magrib para tetangga asik membicarakan hal yang tidak ada manfaatnya, seorang pelajar bermain music dengan suara keras ditengah malam saat yang lain tidur nyenyak. Banyaknya anak remaja menongkrong disaat tengah malam. Kalau dipikir-pikir tidak baik dan tidak ada manfaatnya.

Seharusnya seorang pelajar ditengah malam itu belajar dan belajar. Setelah itu boleh menontin televisi sejenak sebagai hiburan. Janganlah main hingga larut malam bagi seorang pelajar khawatir takut di bicarakan yang tidak baik. Dan yang selanjutnya pergaulan dalam pergaulan kita harus pintar memilih dari segi pergaulan positif dan negatif. Banyaknya dikalangan remaja yang bergaul dengan golongan yang negatif dan menghabiskan waktu dengan hal yang tidak penting. Gunakan waktumu dengan sebaik mungkin dimasa muda. Kurangnya rasa hormat kepada orang tua, guru. Seorang pelajar kini sudah tidak membedakan mana yang tua yang harus di hormati dan mana yang harus diperlakukan sebagai teman . mereka menanggap semua orang adalah sama sehingga rasa hormat terhadap yang lebih tua telah hilang. Selain itu, kata-kata kotor juga seing dilontarkan tanpa rasa bersalah kepada orang tua, guru. Mereka merasa diri merekalah yang harus dihormati. Sebenarnya tumbuh dari jiwa seorang remaja yang masih labil dan sedang mencari jati dirinya. Seorang pelajar bukan sekedar untuk belajar saja, tetapi etika harus dipakai.

Pendidikan adalah mendidik hidup. Hidup bukan sekedar sebuah kebetulan, melainkan ada makna dan tujuan di dalamnya. Pada dasarnya hidup harus memakai etika yang sudah ditanamkan sejak dini. Beretika tidak bayar ko hanya saja kita harus menerapkan dan gunakan etika dengan baik.

Komentar

comments