Perkokoh Persatuan, Forum Pembauran Kebangsaan Sosialisasi di Sajira

Perkokoh Persatuan, Forum Pembauran Kebangsaan Sosialisasi di Sajira

BAGIKAN
Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) menggelar sosialisasi di Aula Kantor Kecamatan Sajira

AGUS JAELANI – SAJIRA, LEBAK, BANTEN

TOPTIME.CO.ID – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) menggelar sosialisasi di Aula Kantor Kecamatan Sajira, Lebak, Banten, Kamis (11/10/2018).

Forum yang difasilitasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) tersebut memsosialisasikan forum yang bertujuan mempererat silaturrahim, koordinasi dan komunikasi antar etnis di Kabupaten Lebak.

Salah satu pemateri dan juga pengurus FPK Lebak, Abdurosyid mengatakan, tujuannya FPK adalah bersama-sama membangun Lebak meski mereka berbeda suku, ras dan agama,” kata Cak Rosyid yang berasal dari Madura di sela sarasehan yang diikuti puluhan peserta ini.

FPK yang disebut Cak Rosyid sebagai forum pemersatu etnis ini berdiri berdasarkan Permendagri nomor 34 tahun 2006 tentang Pembentukan Forum Pembauran di Tingkat Daerah.

“Adanya FPK justru akan mempermudah dan membantu pemerintah daerah. Jika sewaktu-waktu terjadi konflik, forum ini akan turun langsung untuk menyelesaikan masalah diantara mereka, sehingga kasusnya tidak sampai ke ranah hukum,” katanya.

Lanjut dia, memang sejak dulu tidak pernah mendengar ada gesekan antar berbagai etnis di Lebak. Tapi dengan adanya forum pembauran ini, masyarakat lebih terfasilitasi, lebih bersatu dan lebih membaur lagi dalam membangun kekuatan Lebak,” imbuhnya.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri Camat Sajira, Danramil, Polsek, Kesbangpolinmas Lebak, Kades, tokoh ulama, pemuda dan ormas. (*)

Komentar

comments