Ternyata Si Bau ini Kaya Khasiat

Ternyata Si Bau ini Kaya Khasiat

152
BAGIKAN

TIM

TOPTIME.CO.ID – JENGKOL merupakan makanan yang tidak banyak orang yang suka karena baunya yang tidak sedap saat di makan. Makanya banyak orang yang tidak menyukai jengkol . 

Namun jika jengkol diolah dengan baik dan benar pasti banyak orang yang jatuh cinta dengan cita rasa masakan jengkol tersebut.

Dibalik bau yang tidak sedap, jengkol juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh dan baik untuk kesegaran dan kesehatan sehari hari. Berikut beberapa khasiat jengkol yang luar biasa untuk kesehatan anda:

KANDUNGAN GIZI DALAM JENGKOL

1. KAYA PROTEIN

Jengkol nyatanya kaya kandungan protein yang cukup tinggi kisaran pada 23,3 gram per 100 gram jengkol. Kandungan protein nabati dari jengkol ini lebih tinggi dari kacang kedelai dan kacang hijau. Protein dalam tubuh amat penting sebagai pengganti atau untuk melakukan perbaikan sel-sel yang rusak dalam tubuh.

Kandungan protein nabati lebih baik dari pada protein hewani. Dari pengamatan diketahui kalau mengonsumsi semakin banyak protein hewani bakal mempercepat penggemukan, sedang mengonsumsi banyak protein nabati akan bertambah banyak meningkatkan kesehatan sekaligus dua kali lebih lama dari pada protein hewani. Tidak hanya itu pastinya banyak sekali khasiat protein untuk tubuh kita.

2. KAYA ZAT BESI

Zat besi adalah hal yang dibutuhkan dalam tubuh. Zat besi yang berperan perlu mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan sel tubuh dan mengangkut elektron tubuh yang berperan sebagai pembangkit tenaga dalam sel tubuh. Dalam pengangkutan oksigen penggabungan pada zat besi dan protein akan membuat hemoglobin dalam sel darah merah dan mioglobin di dalam serabut otot yang perlu dilakukan dalam bentuk enzim yang bertindak memunculkan daya tubuh. Didalam jengkol ada 4,7 gram zat besi per 100 gram.

3. KAYA KALSIUM

Kandungan kalsium dalam jengkol kisaran 140 mg per 100 gram jengkol. Seperti yang kita pahami faktor kalsium yang tak perlu dihindari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Tidak hanya itu dibutuhkan juga untuk menghasilkan metabolisme tubuh, penghubung antar jaringan syaraf, gerakan otot serta.

4. KAYA KANDUNGAN FOSFOR

Fosfor berfungsi sama dengan Kalsium karena pencegah tulang keropos dan perlindungan gigi tidak berlubang. Kandungan fosfor dalam jengkol kisaran 166, 7 mg per 100 gram jengkol. Mau gigi berlubang atau pilih makan jengkol.

5. KAYA KANDUNGAN VITAMIN

Vitaman A, B1, B2, dan C yaitu vitamin yang ada dalam jengkol. Pada jengkol kisaran 658 mg per 100 gram jengkol untuk kandungan vitamin A, yang berperan melindungi kesehatan mata. Vitamin B2 dan B1 masing-masing bantu penyerapan protein sekaligus melindungi kepekaan syaraf. Kandungan Vitamin C pada jengkol 80 mg per 100 gram, sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. (*)

Komentar

comments